ADIWIYATA

SMK Negeri 1 Balikpapan

 

PELAKSANAAN

 

Apa yang perlu dilaksanakan bila sekolah itu ingin dinyatakan adiwiyata (Kriteria Sekolah Adiwiyata)

a.
Masing-Masing Jurusan Memiliki
 
-
Kebun Sekolah
 
-
Tempat Sampah terpisah Organik / Non Organik
 
-
Sampah Daur Ulang
 
-
Kolam Ikan
 
-
Air tadah hujan (bisa dijadikan sebagai kolam ikan)
 
-
Kompos (membuat kompos)
 
-
Biopori (berapa titik yg dimiliki)
 
-
Tulisan hari-hari Lingkungan
 
-
Hutan Sekolah (ada contoh tanaman jangka Panjang seperti : Ulin, Bangkirai dll)
 
-
Toga (Taman Obat Keluarga bisa ditanam dalam POT
 
-
Mading tentang buku-buku Lingkungan dipajang di luar diTata sedemikian rupa agar mudah dibaca
 
-
Sumur Resapan
 
-
Peringatan Hemat Air, Listrik
 
-
Peringatan Dilarang Merokok (tidak dibenarkan merokok dilingkungan sekolah)
 
-
WC tetap bersih (tidak berbau)
 
-
Tanaman yang Rindang (penyejuk halaman)
b.
Tugas Sekolah
 
-
Selogan Matikan Mesin Motor mulai dari pintu depan (Didalam Sekolah dilarang menghidupkan motor).
 
-
Menghimbau Siswa agar membawa Minum dan Makan dari Rumah (Bawa Sangu)
 
-
Menghimbau Kantin Sekolah agar tidak menggunakan: Bahan Plastik, bahan Pewarna , Kantin Tetap Bersih Dan Sehat.
 
-
Tempat Pembuangan Sampah Sementara agar di buat didepan sekolah
 
-
Kegiatan Pramuka dan Ekskul agar aktif dalam menggalakkan Lingkungan
c.
Langkah-Langkah Menuju Adiwiyata Sekolah
  1.
Melakukan Kajian Lingkungan
   
Bersama Tim  Adiwiyata Menyusun Bersama Kajian  Lingkungan
   
Semua  Ka. Unit  Diminta Terlibat Menyusun Kajian  Lingkungan
  2.
Apa Yang Dikaji Tentang Lingkungan, Yaitu
   
Melakukan Analisis Swot
   
-
Strength (Kekuatan)
     
Apa potensi yang kita miliki tentang lingkungan
     
Berapa banyak sumber daya manusia yang terlibat bekerjasama menggerakkan lingkungan sekolah
   
-
Weaknessis (Kelemahan)
     
Kelemahan di lingkungan sekolah , adakah  yang berpotensi  dapat mengganggu system pembelajaran di sekolah sehingga terganggunya lingkungan di sekitar sekolah
     
Masyarakat di sekitar sekolah ikut mempengruhi sistem  pembelajaran
   
-
Opportinties (Peluang)
     
Potensi siwa  (orangtua) dapat membantu keberlangsungan pembelajaran di sekolah
     
Berapa banyak siswa dapat diarahkan melakukan 3R
     
CSR perusahaan terdekat yang membantu sekolah melakukan kegiatan Lingkungan hidup
   
-
Treatment (Ancaman)
     
Kurangnya pemahaman tentang lingkungan hidup bagi semua warga
     
Luasnya wilayah sekolah, terdiri dari enam Bidang Program Studi memerlukan cukup banyak waktu untuk mensosialisasikan pentingnya arti Lingkungan Hidup.
  3.
Melakukan kajian  “5 w 1 h”.
   
WHO = Siapa yang menggerakkan kesadaran tentang lingkungan hidup di sekolah
   
WHAT = Apa yang harus diperbuat warga sekolah jika terjadi Kerusakan lingkungan, Kerusakan lingkungan, Gempa bumi, Tsunami
   
WHEN = Kapan kita harus melakukan perbaikan2 menuju keberhasilan    lingkungan
   
WHERE = dimana titik kelemahan di sekolah yang harus diperbaiki untuk melakukan perbaikan
   
WHY =  Mengapa Kesadara akan Lingkungan Hidup belum merata di lingkungan sekolah
   
HOW = Bagaimana caranya agar Lingkungan Hidup di sekolah dapat di sosialisasikan secara terus menerus  sehingga kesadaran dapat tumbuh dari lingkungan sekolah ke masyarakat
  4.
Menilai diri sendiri (evaluasi  diri sendiri),   dengan cara :
   
Melihat instrumen  lampiran pertama buku lingkungan hidup. Diusahakan kita berada pada posisi  penilaian paling kanan, Menghitung sendiri berapa perolehan nilai capaian  yang diperoleh hasil eds tersebut
   
Hasil dari eds ,bersama-sama  menyusun program kerja sekolah, langkah-langkah apa yang harus dilakukan

               

SMKN 1 Balikpapan. Copyright 2018 SIS SMKN 1 Balikpapan